Kamis, 03 Desember 2009

Insomnia, susahnya tidur

Susah tidur jadi alasan paling tepat untuk ga bisa bangun pagi. Trus, kita bilang sama semua orang kalau kita tuh mengidap insomnia. Tapi, apa sih sebenernya insomnia itu?

What is called insomnia?


Sebenenya insomnia itu adalah gejala ketika kita merasakan kesulitan tidur. Trus, pas bangun kita tetep ngerasa fresh, padahal kualitas tidur kita sangat buruk setiap harinya.

Penyebab insomnia bisa bermacam-macam. Bisa karena depresi, punya ketakutan terhadap sesuatu, atau gara-gara life style kita yang kurang baik, misalnya mengkonsumsi makanan yang mengandung stimulant, atau minum kopi terlalu sering juga bisa bikin kita mengidap insomnia.

Sulit tidur itu nyiksa banget loh. Kebayang ga sih, tubuh kita yang seharusnya istirahat, kita paksa untuk terus melakukan kegiatan. No wonder, sebagian besar penderita insomnia itu akan menjadi stress, sehingga dapat mengganggu fungsi social, pekerjaan, atau kegiatan penting lainnya.

Makanya, sebisa mungkin kita harus mencegah penyakit itu dalam diri kita. Tapi kalu sudah terlanjur, segeralah untuk melakukan terapi dan pengobatan secara teratur.

Gimana caranya?

Tiap masalah pasti ada solusinya. Ga perlu khawatir, insomnia kronis saja masih bisa diatasi. Kalu masih bingung, tips dibawah ini bisa membantumu mengatasi insomnia….

1. Mulai sekarang kita harus mengatur pola tidur kita sestabil mungkin. Tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya, walaupun hari libur. Biasakan melakukan pola tidur tersebut dengan teratur agar pola tidur bisa normal kembali.

2. Sebisa mungkin kita harus hindari minum kopi ataupun makanan dan minuman berkafein, dari sore sampai menjelang tidur.

3. Olahraga secara teratur. Tapi jangan berolahraga tepat sebelum tidur.

4. Tinggalin kebiasaan merokok. Soalnya, kandungan nikotin yang ada di dalam rokok termasuk stimulant.

5. Hindari kebiasaan ngelakuin aktivitas di tempat tidur, seperti baca novel, main game, atau makan. Terapkan bahwa berada di atas tempat tidur, berarti saatnya tidur.

6. Melakukan hal-hal yang bisa membantu kita rileks dan santai, misalnya yoga.

7. Bikin kondisi kamarmu senyaman mungkin, meskipun hal ini kelihatannya sepele.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar