Kamis, 03 Desember 2009

HIV/AIDS ? Beware !

Sebenernya AIDS itu apa sih? AIDS bukan penyakit ya?

AIDS merupakan kependekan dari Acquired Immune Deficiency Syndrome yang artinya gejala yang timbul akibat menurunnya daya kekebalan tubuh. Sebenernya AIDS bukan penyakit. Tapi karena kita kena AIDS, penyakit jadi mudah menyerang kita.

Kok bisa?

Yap, AIDS bersumber dari suatu virus yang bernama HIV (Human Immunodeficiency Virus). Kalau itu virus sampe masuk ke darah, tuh virus bakalan ngelahap system imun kita. Ga cuman itu aja. Gara-gara tuh virus, kita juga jadi gampang kena penyakit.

Misalnya, ada orang yang terinfeksi virus HIV, terus dia jatoh trus lututnya luka. Kalo orang yang antibodinya masih oke, itu bukan masalah. Tapi. . . buat orang yang sudah terinfeksi virus tersebut, luka kecil bias jadi besar dan ga sembuh-sembuh, karena kuman yang masuk lewat luka ga mati. Kenapa ga mati? Soalnya kan orang itu gak punya pertahanan yang bias membunuh kuman-kuman tersebut.

nih gambar virusnya ! cekidot..


HIV udah ada obatnya belum sih?

Sampai saat ini, belum ada obat yang bias membunuh virus itu sampai tuntas. Kalau udah terinfeksi, orang itu harus menjaga kebersihannya dengan baik, hingga ga ada penyakit yang datang. Gimana caranya? Caranya, dengan makan makanan bergizi serta berolahraga.

Gimana sih cara orang tuh bisa kena AIDS?

Sebenernya ga ada istilah “kena” AIDS. Yang ada, “terinfeksi AIDS” dan kemudian mengembangkan AIDS. Kita dapat tertular HIV dari seseorang yang sudah terinfeksi lewat pertukaran empat cairan tubuh, yaitu sperma, cairan vagina, darah, dan ASI.

Cara-caranya?

Lewat hubungan seks bebas, jarum suntik yang dipakai bergantian, atau bisa juga dari ibu yang positif HIV menular kepada anak yang disusuinya.

HIV bisa nular dari air liur ga?

Tidaaaaaaaaaaak ! HIV ga mau jalan lewat air liur atau air mata. Tapi HIV bisa menular lewat hubungan seks dengan mulut. Bisa juga menular lewat ciuman yang berlebihan, walaupun jarang kejadian, karena ini hanya terjadi jika ada luka pada mulut atau gusi yang berdarah.

Sampai saat ini ada berapa jumlah penderita AIDS?

Tahun 2006, Depkes memperkirakan ada 169.000 – 216.000 penderita loh ! Rata-rata usianya 15-32 tahun. Dan lebih dari 6.500 orang sudah meninggal dunia. Ckckck

Gejala-gejalanya gimana sih kalau kita tertular virus HIV?

Sebenernya kita ga bisa langsung tau bahwa kita tertular. Karena pada kasus-kasus yang ada, gejala baru muncul sekitar 3-4 tahun kemudian. Biasanya sih gejalanya tuh demam, sakit kepala, nyeri otot dan sendi, kelenjar getah bening yang bengkak, dan ruam pada kulit selama 1 atau 2 minggu. Tapi ada juga yang ga ngerasain gejala apa-apa. Terkadang, orang ga sadar kalau dia sudah terinfeksi HIV, supaya lebih aman, kita harus rajin check up ajaa J

Pencegahan biar ga terinfeksi HIV gimana?

Yang paling penting. . . . jangan pernah melakukan hubungan seks diluar nikah. Terus, jangna pernah menggunakan narkoba, apalagi dengan penggunaan jarum suntik yang berganti-gantian. Lebih hati-hati ya dalam bergaul. Yang perlu diinget, jangan menjauhi orang yang positif HIV. Karena mereka butuh dukungan kita !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar